Selasa, 22 Juli 2008

PKS Siap Membangun Masyarakat Indonesia Madani

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Sebagai salah satu partai pemenang Pemilu 2004, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mematok target perolehan 20 persen kursi DPR dengan 24 juta pemilih. PKS yang menyatakan diri sebagai partai kader ini tetap menjadikan kalangan muda sebagai basis massa mereka. Kepemimpinan muda merupakan salah satu misi yang ingin diwujudkan peserta Pemilu 2009 bernomor urut 8 ini.

''Yang membuat PKS beda dengan partai lain adalah anak-anak muda, young leader, politisi muda, dengan fresh idea,'' ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PKS, M Razikun. Bagi PKS, kalangan muda identik dengan generasi yang 'tak punya dosa masa lalu'. Relatif belum ternoda dengan kebiasaan birokrasi di masa Orde Baru beserta segala bentuk penyimpangan kewenangan yang ada di dalamnya. ''Problem utama bangsa ini,kan, masih sekitar korupsi dan moralitas,'' ujar Razikun.

Razikun tak menyangkal citra yang melekat pada PKS adalah partai agama. ''Memang partai ini berazas Islam. Tapi, platform kebijakan kami adalah Islam yang rahmatan lil alamin,'' ujar dia. Razikun pun tak menepis fakta Pemilu 2004 bahwa basis massa partai ini lebih dominan berasal dari perkotaan dan terdiri atas kalangan menengah. ''(Untuk 2009) kami akan memperluas basis massa sampai ke pedesaan, dengan membangun infrastruktur partai hingga ke tingkat kecamatan,'' kata dia.

Razikun memaparkan, pembangunan infrastruktur sudah mulai terbangun. Terbukti dengan kemenangan partai ini di beberapa daerah yang tidak dikenal sebagai basis massa mereka. ''Seperti di NTB,'' ujar dia memberikan contoh.Dengan target perolehan suara 20 persen, PKS sudah melangkah dengan menerbitkan buku falsafah dasar perjuangan dan platform kebijakan pembangunan PKS. Bandrolnya adalah 'Memperjuangkan Masyarakat Madani'. Problem bangsa dicoba dipetakan di sini. Lalu berbekal itu, mereka menggariskan platform di bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya.

Tak hanya menuliskan soal visi misi dan aturan internal partai, buku tersebut juga memuat garis besar kebijakan yang akan diwujudkan PKS jika partai ini dapat menjadi pemenang Pemilu 2009. Platform ini akan menjadi landasan kerja partai hingga setidaknya sampai 2025. ann


Partai Keadilan Sejahtera

Ketua Umum : Tifatul Sembiring
Sekretaris Umum : Anis Matta
Nomor Urut : 8
Jumlah Kepengurusan : 33 provinsi

Visi : Menciptakan bangsa Indonesia yang adil, sejahtera, dan bermartabat.

Misi : Perubahan, Pelayanan, dan Penyelamatan.

Platform: Partai Islam yang berlandaskan prinsip rahmatan lil alamin, berpartai adalah ibadah untuk memberi manfaat.

Sumber : http://www.republika.co.id/launcher/view/mid/19/news_id/300

Tidak ada komentar: