Rabu, 23 Juli 2008

Karsa Mendominasi Lirboyo

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

KEDIRI--Pasangan calon Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) berhasil mendominasi perolehan suara dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur di sekitar Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu. Data yang dihimpun dari 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di sekitar lingkungan Ponpes Lirboyo, Karsa memperoleh 4.262 suara atau sekitar 75 persen.

Sedang pasangan Achmady-Suhartono (Achsan) mendapatkan 267 suara (4,8 persen), pasangan Khofifah Indar Parawansa-Mujiono (Kaji) meraup 145 suara (2,6 persen), pasangan Sutjipto-Ridwan Hisjam (SR) sebanyak delapan suara (0,28 persen), dan pasangan Soenarjo-Ali Maschan Moesa (Salam) hanya enam suara (0,23 persen).

Ponpes Lirboyo sejak awal sudah diduga akan mendulang suara terbanyak untuk Karsa yang diusung Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Hal itu tidak lain karena kedekatan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dengan KH Idris Marzuqi (Kiai Idris), selaku pemangku utama pondok pesantren yang usianya hampir satu abad itu.

Bahkan di TPS 15 yang menjadi tempat Kiai Idris memenuhi hak pilihnya, Karsa meraup 223 suara, sedang pasangan Kaji mendapatkan tiga suara, SR (3), Salam (1), dan Achsan (4).

Jumlah santri Ponpes Lirboyo yang memiliki hak pilih dalam Pilgub Jatim kali ini tercatat mencapai 5.620 orang. Dari jumlah itu sebanyak 387 (15,8 persen) tidak hadir dan 36 surat suara (0,7 persen) tidak sah.

Menurut salah satu pengurus Ponpes Lirboyo, M Nabil Harun, kemenangan Karsa di ponpes itu tidak ada kaitannya dengan pengarahan para pengasuh (dewan masyayikh) kepada santri. "Santri memilih sesuai hati nuraninya, tidak ada pengarahan dari dewan masyayikh seperti yang ramai dibicarakan selama ini," kata pria asal Temanggung, Jawa Tengah itu. ant/is

Sumber : http://www.republika.co.id/launcher/view/mid/19/news_id/1266

Tidak ada komentar: